Friday, November 07, 2008

Google Chrome

Advertisement



Google kembali menjadi penantang serius Microsoft dan menebar ancaman untuk pasar web browser dengan merilis secara resmi Google Chrome, sebuah web browser inovatif.

Setelah menjadi pembicaraan yang cukup ramai, Google akhirnya merilis web browser pertamanya. "Google Chrome" yah itulah nama browser pertama milik Google. Google Chrome sudah termsuk aplikasi Google Gears berbasis WebKit, sebuah engine yang sebelumnya digunakan Apple Safari.

Salah satu fitur unggulan Google Chrome adalah tab yang memiliki proses manager dan memory sendiri, layaknya fitur Task Manager pada OS Windows. Dengan process manager pada tab, anda pun dapat melihat tab mana yang paling banyak memakan memory, dan jika salah satu tab menyebabkan hang atau crash, keseluruhan browser tidak ikut crash ataupun hang.

Jantung Chrome adalah sebuah engine WebKit, sebuah HTML render ringan yang dikembangkan oleh Apple dan sebagian dai proyek Open Source KDE, komponen KHTML. Sebagai tambahan, WebKit juga diadopsi diberbagai konteks aplikasi, termasuk Adobe AIR runtime, Toltech Qt toolkit, Nokia S60 web browser dan Google Android.

Walapun Chrome dibuat berdasarkan teknologi WebKit, para pengembang Chrome memutuskan tidak menggunakan SquirrelFish, sebuah runtime performa tinggi milik Apple dan Google lebih memilih menggunakan V8, sebuah virtual mesin unik yang dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari Denmark.

Dengan menggunakan V8, Chrome terbukti jauh lebih cepat dibandingkan dengan Firefox 3.0.1, IE7, IE8 beta 2, Safari 3.1.2, bahkan Opera 9.52.

Silahkan buktikan sendiri bung!!!!